30.6.12

program hitung Ujud angkat menggunkan VB Net

Membuat Program Sederhana dengan VB.Net 2008 (Program Hitung Nilai Akhir Mahasiswa)

Wahh judulnya panjang bener nih (bingung mau di kasih judul apa nh artikel jadi yang kepikir di tulis aja semua.hhe..?!^). Program ini adalah tugas kedua dari dosen "Pemrograman Visual" saya di kampus. Program sederhana ini merupakan program untuk menghitung nilai akhir seorang mahasiswa. Output/hasil dari program ini adalah berupa nilai angka (0-100) dan nilai indeks yang dinyatakan dalam angka dari A-E, dengan ketentuan nilai indeks :
  • Jika nilai akhir >= 80 maka indeks nilai yang diperoleh mahasiswa adalah "A",
  • Jika nilai akhir >= 70 maka indeks nilai yang diperoleh mahasiswa adalah "B",
  • Jika nilai akhir >= 60 maka indeks nilai yang diperoleh mahasiswa adalah "C",
  • Jika nilai akhir >= 45 maka indeks nilai yang diperoleh mahasiswa adalah "D",
  • Jika nilai akhir <45 maka indeks nilai yang diperoleh mahasiswa adalah "E",
Program ini terdiri dari beberapa tools yang terdapat pada VB.Net 2008, diantaranya : label, textbox, button, group box dan picture box.
Logika program 
Pertama program akan meminta user untuk input data berupa : NIM (Nomor Induk Mahasiswa) apabila NIM telah dipilih maka dengan sendirinya akan tampil nama mahasiswa, dalam arti lain nama tidak dapat di input secara manual melainkan dari combobox NIM Selanjutnya user diminta untuk menginput Nilai absen, Nilai Tugas, Nilai UTS, Nilai UAS.

Kemudian klik button "Hitung", dan program akan memproses hasil nilai akhir. Program hitung nilai akhir ini akan menampilkan hasil nilai akhir dengan dua jenis nilai, yaitu: nilai berupa angka dan nilai berupa indeks (A sampai E) sesuai dengan ketentuan nilai yang telah di buat.

Program di sertai dengan tools "Bersihkan Layar" untuk membersihkan hasil inputan data menjadi seperti awal sebelum peogram melakukan proses penghitungan dan tools "keluar" untuk mengakhiri program.


Code view


Design view


Preview Tampilan Output Program.

 Tampilan awal program


Tampilan input dan proses program


File program di atas dapat di download di sini : 
Password zip : radenprna.blogspot.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar


Link ke posting ini

0 komentar:

Posting Komentar

makalah

Arsip Blog